Ketika berbicara tentang mesin tentu ada banyak hal yang harus diperhatikan misalnya saja faktor perawatan mesin. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa mesin yang anda gunakan tetap layak adalah melakukan perawatan berkala atau sering disebut juga sebagai condition monitoring (CM). 

Nah, salah satu deteksi dini yang bisa dilakukan yakni dengan melihat getaran pada mesin. Meskipun saat ini sebenarnya sudah cukup mudah untuk dilakukan karena sudah banyak alat yang memiliki kemampuan ini. Salah satu alat yang bisa digunakan yakni condition monitoring SKF yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi vibrasi mesin abnormal. Meski demikian ketahui beberapa penyebab vibrasi abnormal pada mesin.

Bahan Bakar Tidak Dialirkan Secara Lancar

Nah, hal pertama yang cukup menjadi penyebab vibrasi abnormal pada mesin yakni asupan bahan bakar yang tidak lancar. Umumnya hal ini juga disebabkan oleh masalah yang terjadi pada injector mesin. Ketika injector mesin tersumbat oleh kotoran nantinya akan berpengaruh terhadap proses pembakaran bahan bakar yang kurang sempurna. Cara untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah yakni dengan membersihkan injector mesin. 

Busi Sudah Aus

Hal kedua yang sering menjadi penyebab vibrasi abnormal pada mesin karena keausan busi. Busi memiliki fungsi sebagai komponen pemantik api, komponen ini dibutuhkan saat proses pembakaran di ruang pembakaran mesin. Apabila hal ini tidak terjadi secara sempurna nantinya akan terasa vibrasi abnormal pada mesin.

Cara yang bisa dilakukan ketika mesin yang anda gunakan mengalami vibrasi karena busi yang sudah aus, segera ganti busi dengan yang baru. Pergantian busi bisa mengembalikan proses pembakaran sempurna pada mesin. 

Piston Kurang Kencang

Jika anda sudah memiliki condition monitoring SKF dan berhasil mendeteksi vibrasi abnormal pada mesin biasanya juga dapat disebabkan karena piston goyang. Piston yang aus akan mudah goyang dan menyebabkan getaran ketika mesin dinyalakan. Nah, anda harus mengganti piston tersebut dengan piston baru agar fungsi mesin kembali normal. Bicarakan juga dengan mekanik terkait servis mesin.