Jika anda ingin membangun rumah yang kokoh dan kuat, ada banyak hal yang harus anda tahu, Terutama terkait material bangunan, seperti semen Jakarta. Rumah kokoh bisa anda dapatkan dengan memilih bahan material berkualitas, seperti kualitas semen bangunan. HIngga saat ini semen mempunyai peran utama dalam sebuah bangunan. Semen Jakarta berkualitas bisa membuat rumah anda tahan lama dan kokoh.

Ketahui jenis-jenis semen di pasaran

Ada beberapa jenis semen yang bisa anda pilih dalam membangun rumah. Salah satu jenis semen yang paling banyak digunakan dan ekonomis untuk konstruksi bangunan adalah semen jenis PCC dan Portland Cement Composite. Jenis semen satu ini terbuat dari batu gamping atau kapur yang diproduksi melalui proses pemanasan di dalam tanur. Selama proses produksi juga ditambahkan dengan bahan lain, seperti pasir dengan takaran tertentu untuk menghasilkan semen berkualitas. Untuk harga semen Jakarta jenis ini memang lebih ekonomis dibanding lainnya.

Untuk jenis semen lainnya adalah semen putih dengan kandungan magnesium oksida dan besi rendah. Dua material tersebut yang membuat semen memiliki warna putih. Semen putih juga banyak digunakan untuk membuat bagian pondasi dan beton. Harganya juga lebih tinggi jika dibanding dengan semen jenis PCC. Semen putih juga bisa memberikan unsur estetik tersendiri saat digunakan untuk membangun rumah.

Jenis semen lainnya adalah semen mortar yang sering dikenal dengan sebutan semen instan karena dalam satu karung semen ini sudah berisi bahan bangunan seperti filler, semen, dan kandungan lainnya yang membuatnya cepat kering.

Gunakan semen sesuai kebutuhan

Agar anda tidak memesan semen Jakarta secara berulang-ulang dan melebihi anggaran anda, pastikan anda sudah menghitung kebutuhan semen terlebih dahulu. Anda bisa konsultasikan dengan kontraktor atau mandor bangunan terkait jumlah semen yang anda butuhkan. Anda bisa hitung berapa banyak semen Jakarta terbaik yang akan dipesan.

Nah, sangat disarankan untuk memilih semen Jakarta yang masih baru untuk menjaga kualitasnya. Pastikan semen tersebut masih lembut dan lunak untuk mendapatkan kualitas terbaik.