Menikmati kopi espresso bisa kita lakukan di rumah dengan mesin kopi espresso yang bisa dibeli. Tapi, sebelum membeli mesinnya, pastikan untuk mengetahui tips dan trik dalam memilih. Jangan sampai salah memilih mesin yang malah tidak diinginkan.

Memang tidak mudah dalam memilih mesin kopi. Berbagai mesin kopi memiliki cara kerja dan proses yang berbeda. Mulai dari cara yang sederhana sampai cara manual yang biasa digunakan di kafe oleh barista. Jadi jangan sembarangan dalam membeli.

Tidak perlu berlama-lama, berikut ini tips dalam memilih mesin kopi espresso rumahan.

Apakah Sangat Dibutuhkan?

Sebelum bersiap membeli, coba pikirkan pertanyaan ini. Apakah memang sangat membutuhkan mesin kopi di rumah? Hal ini penting karena mesin tersebut bukan alat yang sembarangan dalam hal perawatan, dan harganya juga tidak murah.

Dalam merawat sampai menjaga kinerjanya sangat membutuhkan komitmen tinggi. Jika tidak begitu maka sama saja hanya membuang-buang uang hanya untuk barang yang nantinya menjadi rongsokan.

Menyesuaikan Dengan Aktivitas

Ada tiga tipe mesin yang bisa dioperasikan di rumah, yaitu superautomatic, semi-automatic, dan kapsul. Masing-masing mesin memiliki cara berbeda dalam memproduksi secangkir kopi espresso. Mulai dari mesin yang tercepat dalam membuat hingga mesin dengan proses yang lebih lama agar bisa menghasilkan kopi espresso dengan cita rasa kafe.

Melakukan Pertimbangan Harga Mesin

Setiap mesin kopi espresso memiliki kualitas yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Semakin rumit dan semakin lama proses yang dibutuhkan dalam membuat kopi, harganya juga akan semakin mahal. Jika yang dibutuhkan adalah untuk penggunaan di rumah, memilih mesin dengan harga di bawah 1 jutaan dirasa sudah cukup.

Tapi jika ingin menikmati bagaimana pembuatan kopi mulai dari memilih biji kopi sampai pada proses ekstraksi, mesin yang dibutuhkan memiliki kisaran harga 6 hingga 8 jutaan. Pertimbangkan baik-baik harganya.

Mempelajari Cara Merawat Mesin Espresso

Jika ingin menggunakan mesin kopi espresso rumahan, sangat disarankan memilih mesin yang mudah dibersihkan agar tidak kerepotan untuk penggunaan jangka panjang. Bila perlu, pilih mesin dengan fitur auto-cleaning yang membuat mesin dapat membersihkan saringan dengan memadatkan ampas sehingga mudah untuk dicuci.

Kegagalan pada saat merawat mesin bisa mempengaruhi rasa dan menghambat kinerjanya. Minyak sisa ampas akan mencemari rasa dan aroma. Jadi pelajari bagaimana cara merawat mesin dengan benar.

Cari Tempat Khusus Servis

Untuk berjaga-jaga, carilah tempat servis. Jika nanti terjadi kerusakan maka tidak akan bingung kemana harus memperbaikinya. Mesin ini tidak seperti sepeda yang bisa diperbaiki dengan mudah.

Pelajari dengan baik tips di atas agar tidak salah dalam membeli mesin. Silahkan beli mesin kopi espresso dan buat kopi ala kafe di rumah.