Mendengar istilah conveyor chain mungkin masih banyak yang belum familiar.  Padahal kenyataannya conveyor ini terbilang cukup sering digunakan di dalam kehidupan sehari – hari.

Pengertian Dan Cara Kerja Conveyor Chain

Conveyor Chain merupakan sebuah mesin yang terdiri dari beberapa rangkaian rantai.  Rantai ini saling menyambung serta dapat bergerak ke berbagai arah.  Fungsi dari mesin ini adalah untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain. 

Memindahkan barang jika hanya satu atau dua barang saja mungkin tidak masalah jika dipindahkan secara manual.  Namun jika jumlah barang yang harus dipindahkan adalah banyak,  maka tentu saja akan sangat tidak efektif jika diangkut secara manual. Selain karena membutuhkan waktu yang lebih lama,  juga akan membutuhkan tenaga yang lebih banyak.

Tentu saja hal seperti ini menjadi masalah tersendiri. Terlebih seperti pabrik,  perusahaan atau industri yang setiap harinya bisa saja harus memindahkan puluhan atau bahkan ratusan barang.  Dengan adanya mesin conveyor ini tentu pekerjaan akan jauh lebih mudah dan ringan.

Contoh Conveyor Chain

Setelah membahas mengenai  pengertian dan juga fungsinya, tentu saja anda juga perlu mengetahui tentang jenis atau macam dari Conveyor Chain itu sendiri. Berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Bandara

Ketika bepergian tentunya anda membawa barang bawaan.  Baik itu tas jinjing maupun koper.  Terutama ketika naik pesawat dimana barang bawaan yang boleh dibawa masuk ke kabin pesawat ada ada batas maksimumnya. Selebihnya harus diletakkan ke bagasi pesawat. 

Ketika sudah sampai di bandara kota tujuan, biasanya anda harus mengambil barang bawaan melalui mesin berjalan.  Mesin inilah yang dinamakan conveyor.  Dimana secara fungsi tentu sangat membantu para penumpang untuk menemukan barang bawaannya.

  • Bagian Packing

Didalam suatu pabrik atau industri, tentu ada proses packing untuk meletakkan produk ke dalam box atau dus.  Jika dilakukan secara manual dengan tangan manusia tentu akan lambat dan juga kadangkala tidak rapi karena setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda.

Lain hal jika proses pengepakan dilakukan dengan mesin,  maka akan lebih cepat dan juga rapi.  Biasanya pabrik atau perusahaan ini menggunakan mesin conveyor sebagai solusinya. 

  • Pabrik Minuman

Minuman ready to drink yang dikemas didalam botol memang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran.  Dan tahukan anda bahwa proses pengemasan minuman botol ini bukan  dilakukan oleh tangan manusia,  melainkan menggunakan mesin yang dinamakan conveyor. 

Mulai proses sterilisasi botol,  pengisian,  segel dan yang lainnya menggunakan mesin conveyor ini.  Sehingga selain lebih praktis juga bisa menghemat waktu karena bisa mengerjakan banyak botol sekaligus. Dengan menggunakan mesin tentu akan meminimalisir adanya presisi yang kurang pas, kesalahan pasang maupun hal lainnya. 

Dengan beberapa informasi diatas tentunya sudah memberikan gambaran kepada anda seperti apakah mesin conveyor chain tersebut.