Seiring perkembangannya zaman, konstruksi atap juga semakin beragam. Dahulu, sebagian orang banyak menggunakan genteng yang terbuat dari beton. Namun kini, beralih ke material atap yang jauh lebih kuat dan awet dalam jangka waktu yang lama, seperti atap zincalume.

Kelebihan zincalume memiliki material yang terbuat dari baja ringan, aluminium, seng, dan beberapa campuran silikon. Dari gabungan bahan tersebut, membuat jenis atap ini mempunyai ketahanan akan cuaca panas, anti karat, anti korosi, hingga lebih tahan lama.

Tak hanya itu, zincalume juga lebih mudah saat diaplikasikan di berbagai macam tempat. Lalu, sifatnya yang ringan dan lentur semakin memudahkan untuk dibentuk serta dipotong. Bahkan, beberapa rumah bertema industrial menggunakan zincalume sebagai dinding ruangan. Maka tidak heran, bila masyarakat semakin beralih menggunakan atap satu ini.

Kekurangan Atap Zincalume

Sebagai atap yang memiliki banyak kelebihan, tentu zincalume juga memiliki kekurangan. Kendati demikian, semua itu kembali pada kebutuhan Anda masing-masing. Berikut beberapa kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan.

  1. Suhu Dalam Ruangan Meningkat Lebih Panas

Meskipun, memiliki kelebihan dapat memantulkan panas. Namun, zincalume juga mudah menyerap panas. Hal ini yang akan membuat suhu ruangan menjadi panas, sehingga Anda wajib memiliki ventilasi ataupun pendingin ruangan. Terlebih bila Anda menjadikan atap ini sebagai dinding ruangan, 

  1. Memiliki Suara yang Berisik

Sama seperti jenis atap lainnya, kekurangan zincalume juga menimbulkan suara yang berisik ketika hujan. Dengan begitu, akan mudah mengganggu kenyamanan. Sebagai solusi, gunakan zincalume yang lebih tebal, sehingga mengurangi suara bising.

  1. Tampilan Kurang Menarik

Beberapa orang beranggapan, bahwa zincalume memiliki tampilan yang kurang menarik. Penyebab tampilan kurang menarik adalah bangunan dengan struktur atap yang diekspos atau lebih ditonjolkan. Tetapi, penggunaan atap ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan sebaiknya diaplikasikan oleh ahli. Dengan begitu, tampilan dari atap ini akan terlihat lebih menarik. 

Lalu, Berapa Harga Atap Ini?

Jika ditanya mengenai tarif, tentu zincalume terbilang cukup murah dan ekonomis. Namun, harga juga ditentukan pada jenis dan tipe yang ingin Anda gunakan. Misalnya, ingin menggunakan tipe KR dengan ketebalan 0,33 mm, dibanderol dengan harga Rp. 44.000 / meter persegi. Paling tidak, Anda perlu menyiapkan budget sekitar Rp. 50.000 – Rp. 200.000 untuk mendapatkan barang tersebut. 

Selain itu, atap zincalume bluescope Lysaght termasuk tipe yang harganya relatif tinggi. Harganya cukup merogoh kocek sekitar Rp. 100.000 – Rp. 180.000 / meter persegi. Kendati demikian, harga yang tertera bisa berubah kapan saja. Setiap toko juga memiliki variasi harga yang berbeda-beda. Jadi, sesuaikan dengan keperluan dan sebaiknya langsung mencari di toko terdekat wilayah Anda.