Untuk Anda yang masih bingung cara menggunakan alat tes ovulasi di apotik berbentuk strip. Tidak perlu bingung, karna dalam ulasan kali ini akan dibahas tentang beberapa cara atau langkah yang harus Anda lakukan ketika menggunakan alat yang dimaksud, yaitu :

  1. Pastikan alat dalam kondisi baru

Hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah, alat tes ovulasi, masih dalam kondisi baru. Masih disegel, dan tidak ada kemasan yang rusak. Karena jika ada yang rusak. Ada kemungkinan berpengaruh terhadap kondisi isi kemasan itu sendiri.

  1. Baca aturan pakai

Hal kedua ketika menggunakan alat tes ovulasi di apotik, adalah cek dan baca aturan pemakaian atau cara menggunakan alat yang dimaksud. Hal ini penting, sebagai informasi tambahan, karena ada kalanya, setiap produsen, mempunyai teknik atau hal tambahan yang perlu diperhatikan, agar alat yang digunakan, mampu menghasilkan jawaban yang akurat.   

  1. Siapkan air seni dalam wadah

Berikutnya adalah mempersiapkan air seni itu sendiri. Beberapa alat ada yang mengharuskan penggunanya, menggunakan air seni di pagi hari, ada juga yang harus tidak minum, minimal 2 jam. Tapi ada juga yang memberikan saran, untuk menggunakan air seni mulai dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam.

Ini juga beberapa hal yang harus anda perhatikan dengan baik. Berikutnya tampung air seni tersebut ke dalam wadah khusus, dengan kedalaman tertentu.

  1. Celupkan alat ke dalam air seni

Ketika air seni sudah dimasukkan ke dalam wadah, berikut ya masuk ke dalam tahap pengetesan. Cara menggunakan alat tes ovulasi, ini sangat sederhana. Buka kemasan dan keluarkan isinya. Kemudian celupkan alat tes ke dalam wadah yang berisi air seni, hingga batas maksimal. Celupkan hingga sekitar 30 hingga 45 detik. Kemudian angkat, dan simpan di tempat yang rata, dan kering.   

  1. Tunggu hasilnya

Kali ini hanya perlu menunggu hasilnya. Adapun waktu tunggu untuk memperoleh hasil, adalah sekitar 3 hingga 5 menit.

Jika muncul 2 buah garis artinya dalam 24 jam kedepan, Anda akan masuk ke dalam masa subur. Sebaliknya jika yang muncul adalah 1 buah garis, artinya, Anda belum memasuki masa subur. Jika tidak muncul 1 garis pun, artinya Anda salah melakukan tindakan pengetesan.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan alat tes ovulasi di apotik secara tepat.