Kegiatan eksplorasi batu bara biasanya dilakukan secara 4 tahap oleh jasa eksplorasi batu bara. Namun, kali ini kita akan membahas 2 tahap utama yang perlu dilakukan oleh jasa eksplorasi batubara. Dua tahap tersebut adalah survei tinjau dan prospeksi. 

2 Tahap Eksplorasi Yang Utama

  1. Tahapan Survei Tinjau

Pada tahap ini akan dilakukan identifikasi daerah-daerah yang secara geografis memiliki kandungan atau endapan batu bara yang kemudian akan ditindaklanjuti lebih jauh. Biasanya akan diidentifikasi mengenai kondisi geografis, kesampaian lahan, dan tata guna lahannya. Kegiatannya berupa inpeksi lapangan menggunakan peta, menafsirkan dari jauh menggunakan indera, melakukan studi geologi regional, dan beberapa metode secara tidak langsung lainnya.

Pada tahap ini akan dilakukan pengeboran demi mengetahui kedalaman dari lapisan batu baranya. Kemudian akan ada eksplorasi yang lebih canggih yaitu menggunakan mesin. 

  1. Tahapan Prospeksi

Pada tahap ini akan dilakukan pembatasan daerah eksplorasi yang akan menjadi sasaran berikutnya. Pada tahap ini akan pemetaan geologi, pembuatan sumuran, pembuatan parit, uji pemboran, dan contoh analisis. Biasanya juga ada studi tidak langsung seperti geofisika.  Namun, hal ini dilakukan jika diperlukan saja.  Kalau dirasa tidak perlu maka tidak akan dilakukan oleh jasa eksplorasi batu bara. Biasanya studi ini dilakukan jika pengeboran tidak akurat. 

Upaya Eksplorasi Batu Bara dengan Metode Geofisika

Sekarang ini ilmu pengetahuan semakin berkembang dan  dengan ada metode ini para jasa eksplorasi batu bara bisa mengetahui lebih dahulu kedalaman serta lapisan batuan. Cara metode ini mendeteksi kedalam dan lapisannya adalah dengan mengukur sifat listrik batuan. Metode ini akan memberikan injeksi listrik ke dalam bumi yang kemudian akan memunculkan medan potensial. Setelah medan potensial terukur maka akan menghasilkan besar arus. Dari kuat arus ini akan terdeteksi setiap petak yang mengandung batu bara. Cara ini juga sangat relatif murah, tentu menggunakan cara ini akan menghemat biaya. 

Logging geofisik dalam batu bara dirancang untuk mengetahui beberapa data lain seperti kedalaman, kualitas lapisan batu bara, ketebalan, dan sifat geomekanik dari batuan. Loging ini juga bisa  mengcover permasalahan akibat pengeboran yang biasa tidak bisa dihindari.

Di atas telah dibahas dua tahap utama sebelum melakukan eksplorasi. Apakah anda sudah paham? Apa yang perlu dilakukan sebelum melakukan penambangan batu bara?  Bahkan para pemilik jasa eksplorasi batu bara harus menentukan dengan benar lokasi tambang yang mungkin akan dibangun. Dengan begitu kita tidak akan melakukan pengeboran secara sembarangan. Tahap dan metode yang dilakukan di atas harus dilakukan dengan benar agar tidak berdampak besar bagi lingkungan sekitar.