Dari artikel sebelum-sebelumnya, kita sudah banyak membicarakan tentang mesin screw press kelapa sawit yang membantu pabrik-pabrik memproduksi minyak dari tandan buah kelapa sawit segar. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kapasitas untuk membeli alat tersebut; alasannya dari lokasi penempatan mesin hingga harga mesin screw press kelapa sawit yang cukup tinggi. 

Lantas, adakah cara manual yang bisa dilakukan dalam proses pengesktrakkan minyak kelapa sawit tanpa mesin screw press kelapa sawit? Anda tidak perlu khawatir, karena masih ada cara sederhana untuk mengekstrak minyak dari kelapa sawit. Cara konvensional ini tentunya memerlukan waktu yang lebih banyak dari mesin, tapi bisa anda coba karena tidak memerlukan biaya terlalu banyak. Berikut cara-cara manualnya yang bisa anda coba di rumah!

  1. Menyortir Buah Kelapa Sawit

Untuk mendapatkan minyaknya, anda perlu untuk melihat tandan buah segar yang layak untuk digunakan. Ciri-cirinya adalah, buah harus matang, tidak terlalu muda atau busuk.

  1. Merebus Buah Kelapa Sawit

Merebus buah kelapa sawit ini dilakukan untuk memusnahkan enzim dari TBS yang berpotensi merusak kualitas minyak. Perebusan ini biasa dilakukan selama kurang lebih 1,5 jam hingga 2 jam.

  1. Melepas Buah Kelapa Sawit Dari Tangkainya

Proses ini harus dilakukan secara manual karena tidak otomatis seperti menggunakan mesin screw press kelapa sawit. Untuk memisahkan buah dari tangkainya, anda bisa menggunakan mesin thresher atau membanting-banting hingga buah rontok. 

  1. Memeras & Menyaring Buah Kelapa Sawit 

Untuk memeras, TBS perlu berasa di suhu panas sekitar 80 sampai 90 derajat agar bijinya juga dapat terlepas. Setelah itu, anda bisa memasukkan TBS ke mesin pemeras untuk menghasilkan minyak kasar. Setelah minyak kasar jadi, anda bisa melakukan filterisasi agar minyak bebas dari serat-serat maupun ampas yang tidak terpakai. 

  1. Memurnikan Minyak Buah Kelapa Sawit

Untuk menghilangkan kandungan air yang masih menyangkut pada minyak hasil produksi, anda bisa menggunakan vacuum dryer untuk mengurangi kandungan air hingga volume terendah atau di bawah ambang batas. 

Itulah cara memproduksi minyak kelapa sawit tanpa mesin screw press kelapa sawit. Kiranya artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.