Apakah Anda sudah mengetahui cara menghitung bunga bank? Ada kalanya Anda ingin mengajukan kredit di bank, namun sebelum Anda mengajukan kredit lebih baik Anda mengetahui tentang suku bunga pinjaman, dengan mengetahui perhitungan suku bunga pinjaman maka stabilitas keuangan Anda dapat lebih terjaga.

Suku Bunga Tetap

Sering dikenal juga dengan suku bunga fixed merupakan suku bunga yang tidak mengalami perubahan hingga waktu jatuh tempo, saat akan mengajukan kredit pinjaman biasanya Anda akan menemukannya dalam perjanjian pinjaman, keuntungan dari cara menghitung bunga bank pinjaman suku bunga tetap adalah Anda tetap akan membayar angsuran dalam jumlah sama.

Meskipun terdapat keuntungan tapi tetap saja Anda bisa mengalami kerugian apabila suku bunga menurun, karena saat suku bunga menurun Anda harus membayar angsuran dengan tambahan bunga lebih tinggi, contoh dari suku bunga tetap adalah Kredit Tanpa Agunan; KPR Rumah Subsidi dan kredit kendaraan bermotor.

Suku Bunga Mengambang

Yang dimaksud suku bunga mengambang atau floating yaitu besaran bunga akan berubah mengikuti suku bunga yang ada di pasaran, jika suku bunga naik maka bunga pinjaman juga akan naik begitupun sebaliknya, yang termasuk dalam suku bunga floating diantaranya kredit modal usaha; pinjaman jangka panjang dan KPR.

Cara menghitung bunga bank per bulan suku bunga mengambang misalnya KPR periode 3 tahun pertama besaran bunganya tetap 5%, namun di tahun selanjutnya akan berubah mengikuti suku bunga yang ada di pasaran.

Suku Bunga Efektif

Cara menghitung bunga bank berdasarkan sisa utang dari debitur setiap bulannya seiring dengan jumlah utang yang telah dibayarkan, jadi besaran jumlah setoran bunga setiap bulan akan berbeda namun jumlah angsuran tetap saja sama, nilai bunga akan semakin kecil sesuai dengan sisa utangnya atau semakin sedikit pinjaman semakin sedikit suku bunganya.

Bagaimana cara menghitung bunga bank efektif? Terdapat rumus yang bisa Anda gunakan dalam menghitung suku bunga efektif, adapun caranya saldo pokok dikalikan suku bunga per tahun lalu dibagi jumlah bulan dalam setahun.

Suku Bunga Flat

Suku bunga yang satu ini akan dihitung berdasarkan persentase besaran bunga dan jumlah pokok pinjaman di awal periode cicilan, cara menghitung suku bunga flat terbilang lebih sederhana daripada menghitung suku bunga yang lainnya.

Biasanya suku bunga flat digunakan untuk menghitung pinjaman kendaraan bermotor, cukup banyak debitur yang memilih cara menghitung bunga bank flat karena perhitungannya sederhana, karena debitur hanya perlu menyiapkan dan membayar cicilan dengan jumlah uang yang sama setiap bulannya.

Namun Anda juga perlu memperhatikan tenor pinjaman yang sudah dipilih, jika Anda mengambil tenor yang lama maka semakin besar juga jumlah cicilan yang harus diselesaikan.