Sertifikat tanah merupakan bukti bahwa Anda memiliki hak atas rumah yang Anda tempati saat ini. Karena sertifikat tanah merupakan bukti yang sangat asli maka pembuatan sertifikat tanah sendiri merupakan hal yang sangat penting. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pembuatan sertifikat tanah baik sertifikat tanah online pun harus Anda pahami.

Syarat Membuat Sertifikat Tanah Bagi Anda

Syarat-syarat di bawah ini perlu Anda siapkan sebelum membuat sertifikat tanah agar tidak keliru dan bingung.

  1. Identitas diri meliputi KTP dan KK (kartu keluarga)
  2. Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  3. yang ketiga Surat Pelunasan Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan Tahunan (SPPT PBB)
  4. Sertifikat Asli Hak Guna Bangunan (SHGB)
  5. Akta Jual Beli (AJB)
  6. Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  7. Surat Pernyataan Kepemilikan Lahan

Syarat bagi masyarakat yang ingin membuat sertifikat atau girik maka perlu mempersiapkan sebagai berikut.

  1. Fotokopi girik atau letter C yang Anda miliki
  2. Akta jual beli tanah
  3. Surat riwayat tanah
  4. Surat pernyataan tidak sengketa

Setelah Anda melakukan dan melengkapi syarat seperti di atas maka Anda bisa melakukan pembuatan sertifikat secara mandiri maupun sertifikat tanah elektronik. Pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendatangi kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) dengan membawa persyaratan yang tadi. Selanjutnya mengisi formulir dan melakukan verifikasi dokumen yang telah dibawa.

Pengukuran Tanah

Pada tahap yang selanjutnya yaitu melakukan pengukuran tanah serta pendaftaran sertifikat tanah. Setelah Anda sudah disetujui permohonan pembuatan sertifikat tanah, maka petugas akan mengukur tanah yang Anda miliki. Pada tahap ini Anda diwajibkan hadir untuk dinyatakan sebagai saksi, dan hasil daripada pengukuran tadi akan diproses untuk membuat surat keputusan tanah di kantor.

Setelah semuanya telah selesai maka Anda diminta untuk menunggu proses dari pemeriksaan tanah di kantor serta melakukan pengecekan kembali pada tanah yang telah diukur untuk memasangkan tanda batas pada tanah. Setelah semuanya selesai, Anda akan diminta untuk membayar seluruh proses yang telah berjalan dan Anda akan mendapatkan sertifikat tanah. Namun sebelum itu Anda juga perlu melakukan cek sertifikat tanah sudah benar atau belum.