Seperti yang sudah diketahui, bridging loan merupakan jenis pinjaman jangka pendek yang suku bunganya dimulai dari 1% hingga mencapai 2% lebih. Jika, Anda tertarik mengambil pinjaman jenis ini, pertimbangkan dulu empat ulasan berikut ini.

Pertimbangkan total biaya

Tak sekedar membandingkan suku bunga, Anda juga perlu memertimbangkan total iaya pinjaman dengan membandingkan produk yang disediakan oleh pihak yang berbeda. Hal ini berguna untuk menghindari pemberi pinjaman yang nakal karena seringkali menambahkan biaya tersembunyi disamping biaya pengelolaan dana yang besar.

Jangan lupa untuk meminta rincian biaya pada pihak pemberi pinjaman sebelum melanjutkan peminjaman agar Anda lebih mudah membandingkannya dengan pihak penyedia yang berbeda.

Metode pembayaran harus layak

Guna menghindari tak bisa membayar pinjaman di akhir jangka waktu saat proses pengambilan dana bridging loan pertimbangkan pelunasan di muka dan cek kembali kelayakan usul keluar. Jika Anda mengalami kejadian buru-buru menjual dengan cepat agar tidak mengalami penurunan properti seperti apa yang diinginkan, pastikan jangka waktu pinjamannya memberikan cukup waktu untuk menemukan pembeli hingga penyelesaian proses jual.

Analisis risiko

Selain memertimbangkan dua hal di atas sebelum mengambil bridging loan, ketahui juga risiko-risiko yang bisa saja ditimbulkan dengan menganalisisnya terlebih dahulu. Seperti yang diketahui bahwa jenis pinjaman ini memiliki jangka waktu yang pendek yang biasanya hanya sebatas waktu mingguan, tetapi pada keadaan tertentu pihak peminjam bisa mendapatkan jangka waktu hingga satu tahun. Jadi pastikan dengan benar waktu akhir pembayarannya.

Pertimbangan agunan atau jaminan

Meskipun biasanya diatur dengan cepat melalui dokumentasi yang sedikit, pihak pemberi pinjaman bisa saja memerlukan agunan silang. Agunan siang sendiri bisa diartikan sebagai satu jaminan yang bisa digunakan untuk agunan pinjaman yang lainnya. 

Dikarenakan agunan akan dipegang oleh pihak pemberi pinjaman hingga pembayaran pinjaman selesai, tentunya Anda harus berhati-hati dalam memilih jenis pinjaman.

Ulasan di atas adalah empat hal yang sekiranya perlu dipertimbangkan dalam mengambil bridging loan. Pertimbangkan telebih dahulu total biaya hingga jaminannya agar prosesnya tidak mengalami kendala ditengah jalan.