Take Over Kredit Mobil dapat menjadi solusi terbaik untuk Anda yang sedang mengalami masalah keuangan. Selain dapat membantu melunasi cicilan mobil, Anda juga akan mendapatkan bantuan dana segar. Untuk memahami tentang Take Over baca dan pahami dahulu pembahasan dibawah ini tentang pengertian, persyaratan dan cara melakukan Take Over dengan benar.

Pengertian Take Over Kredit Mobil

Take Over mobil merupakan proses transaksi jual beli mobil yang statusnya cicilan atau belum lunas. Kasus ini dapat terjadi karena pemilik mobil mengalami masalah finansial sehingga tidak sanggup lagi untuk melanjutkan utang cicilan bulanan mobil tersebut. Take Over dilakukan dengan tujuan untuk melakukan pengalihan kepemilikan mobil dari mendapatkan kompensasi sebagai timbal baliknya.

Kompensasi yang diperoleh pihak pertama bisa dalam bentuk uang tunai sebagai down payment (DP). Uang muka tersebut dibayarkan oleh pembeli kepada pihak leasing sekaligus dengan uang cicilan yang dibayarkan pihak pertama sebelumnya. Kedepannya, pembeli langsung melanjutkan cicilan berikutnya.

Persyaratan Melakukan Take Over Kredit Mobil

Take Over berbeda dengan jenis KTA (Kredit Tanpa Agunan), maka dalam kasus ini, Anda perlu memberikan BPKB Kendaraan kepada pihak leasing sebagai jaminan. Persyaratan yang harus Anda lengkapi meliputi KTP, Kartu Keluarga, Slip Gaji, NPWP, Rekening tabungan dalam 3 bulan terakhir dan yang terakhir rekening listrik serta rekening telepon. Jika persyaratan sudah lengkap, maka Anda sudah bisa melakukan Take Over

Langkah Melakukan Take Over Kredit Mobil

Dalam melakukan Take Over, pahami langkah berikut agar Anda tidak kebingungan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

  • Datangi perusahaan finance, leasing atau bank
  • Isilah aplikasi Take Over kredit kemudian lengkapi persyaratan yang dibutuhkan, jangan sampai ada yang ketinggalan, karena akan menghambat proses jalannnya Take Over 
  • Dokumen Anda akan diperiksa terlebih dahulu oleh pihak leasing untuk mengecek kebenaran dan kesesuaian data
  • Setelah dokumen Anda dinyatakan lengkap, lolos BI Checking. Pihak leasing akan langsung melakukan survei yang berkaitan dengan kondisi mobil serta harga jual yang ditawarkan di pasaran, tujuannya agar kedua pihak tidak merasa dirugikan. Demikian informasinya, semoga bermanfaat.